Rabu, 20 Februari 2008

Beware before use your handphone

WHO menyimpulkan, penggunaan penggunaan ponsel secara terus-menerus selama 5 hingga 18 tahun atau lebih, memperbesar resiko terkena kanker darah (leukimia) atau kanker pankreas. Seseorang yang terkena efek radiasi ponsel, cepat atau lambat, dapat mengalami efek detrimental pada otak. Menurut riset di AS, pria yang menggunakan ponsel lebih dari 4 jam sehari mengalami penurunan jumlah sel sperma hingga 40 persen dibandingkan pria yang persentase penggunaan ponselnya lebih rendah. Ternyata ada enam fakta penggunaan ponsel yang secara medis memengaruhi fisik pengguna:

1. Menggantungkan ponsel di leher atau pinggang

Menyimpan ponsel di sekitar area leher berbahaya bagi penderita ganguan irama jantung. Fungsi jantung menjadi tidak sempurna akibat pengaruh radiasi dari ponsel.Solusi : selalu simpan ponsel di dalam tas, dompet atau sarung dengan cara digenggam, bukan diikatkan pada pinggang atau digantungkan di leher.

2. Langsung menempelkan ponsel di telinga ketika hubungan belum tersambung

Umumnya, begitu memencet nomor yang dituju, pengguna langsung menempelkan ponsel di telinga untuk mendengar nada sambung, padahal percakapan belum dimulai. Ketika hubungan telepon belum tersambung, radiasi akan bertambah kuat. Solusi : 1) Beri selang waktu lima detik untuk kemudian menelepon ulang kembali. 2) Langsung jawab jika ada telepon masuk

3. Menempelkan ponsel (tepat) di telinga ketka menelepon

Yaitu dengan tidak memberi jarak sedikitpun antara telinga dengan ponsel. Kelemahan suara yang dihasilkan menjadi salah satu alasannya. Solusi : 1) beri jarak antara telinga dengan ponsel Anda 2) Pilih operator dan ponsel yang mempu memberikan jaringan dan sinyal yang baik.

4. Melakukan percakapan terlalu lama

Tarif murah yang diberikan operator seperti memberijalan tol bagi pengguna untuk bicara lama di ponsel. Padahal jika ponsel mulai terasa panas, Anda tahu ada sesuatu yang nggak beres.

Solusi : 1) Gunakan handsfree untuk mengurangi radiasi 2) Jika terpaksa harus menelepon dalam waktu yang lama, letakkan ponsel secara bergantian di kiri dan di kanan telinga setiap 1-2 menit. 3) Bila perlu, buat saja janji untuk bertemu.

5. Berbicara sambil mojok di sudut tembok, dan berbisik-bisik saat menerima telepon

Menelepon di sudut ruangan lebih berbahaya bagi kesehatan. Penutupan sinyal di sudut ruangan dapat membuat daya radiasi ponsel bertambah besar. Solusi : 1) Usahakan selalu cari ruangan terbuka untuk berkomunikasi via ponsel 2) Jangan menggunakan ponsel untuk bergosip.

6. Menelepon sambil mondar-mandir

Menggerakan ponsel saat menelepon menyebabkan sinyal tidak stabil. Akibatnya, terjadi luncuran daya tinggi dalam waktu singkat yang tidak diperlukan.

Solusi : 1) cari posisi paling nyaman. 2) Berhenti dan diam saat menlepon, karena menelepon hanya memerlukan suara dan ponsel sebagai perantaranya. 3) Buat kebiasaan baru : tidak menjadi orang yang terlalu sibuk untuk sekedar menerima telepon. 4) Tidak menerima panggilan telepon sama sekali jika Anda sedang bergerak.

habis baca dari sini semoga bermanfaat ya.. :-S ngeri banget kan bahayanya makanya kita kudu hati2 dgn masalah yang kliatan nya sepele, so kalo mau kita sehat mari gunakan handsfree mulai sekarang dan meminimalkan penggunaannya:-? ( suseh boo secara sy hub. ma keluarga yg dikampung ya pake ini :((
gimana dong temen2 punya usul ga???