Kamis, 06 Desember 2007

Banjir lagi Banjir Lagi.....




Kandagawa, begitu nama salah satu sungai yg mengalir di Tokyo. Daerah dekat sungai ini tentu rawan banjir saat curah hujan berlebihan (biasanya saat angin topan langganan "taifuu" datang menyapa negeri ini).

Untuk mencegah banjir, maka sungai pun diperlebar & diperdalam. Pelebaran sungai untuk kota sepadat tokyo sangatlah sulit. Maka di ambil alternatif lain dengan membangun penampungan air di bawah tanah. Bentuk nya mirip terowongan untuk subway.

Agar tidak perlu beli2 tanah lagi dari masyarakat, dibangunlah penampungan air ini dibawah jalan raya yg melintang di atas sungai kandagawa tsb. Total panjang nya 4.5 km, dgn diameter 12.5 m , dibangun di kedalaman 50 m (bawah tanah). terowongan segede ini Daya tampung maksimal-nya 540ribu meter kubik (= 540 juta liter, = berapa sendok ya?).

Cara kerjanya dapat dilihat di gambar. Saat air sungai nya udah turun, air dari penampungan ini dibalikin ke sungai pake pompa.

Total biaya proyek 103 milyar yen (8.24 trilyun rupiah). Kedengaran-nya sih mahal, tapi kalo dibandingkan dgn kerugian kalo terjadi banjir untuk kota sekelas tokyo (perkiraan kerugian = 30 milyar yen setiap 1 kali banjir besar), maka jumlah ini bukanlah apa2.

Bagaimana dengan jakarta? mungkin kita bisa meniru atau bahkan punya alternatif lain yg lebih bagus dari ini.

*Pi kalo misal indonesia menerapkan sistim ini mo berapa thn jadinya dah keburu banjir lagi sptnya coz dananya dah ditilep2 akhirnya membengkak dan utang kemana2
btw kalopun negara kita tercinta mo menerapkannya jg, kuacungkan jempol 2 walopun hasilnya blm tahu. paling tidak pemerintah kita sudah berinisiatif untuk memikirkan masalah banjirrrrr langganan yg dtg stiap tahunnya hampir di smua daerah*


Ngelink dari sini